Wisata Gurami Seduri, Surganya Pecinta Ikan Gurami

Ikan Gurami di Dalam Akuarium yang Ada di Wisata Gurami Seduri

Kalau mendengar nama spesies ikan gurami, siapa sih yang nggak suka dengan menu yang satu ini? Kebanyakan dari pecinta kuliner tentu menyukai jenis makanan ini, kecuali bagi mereka yang memiliki alergi khusus.

Nah, kalau Anda mengaku sebagai pecinta spesies bernama latin Osphronemus goramy ini, berarti Anda wajib berkunjung ke surganya gurami, yaitu Wisata Gurami Seduri yang terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Mengapa harus ke sini kok bukan tempat kuliner lainnya?

Jadi, begitu memasuki kawasan ini, saya sempat heran sewaktu melihat ada sejumlah kolam ikan yang berada di halaman rumah warga. Hal ini cukup menjukkan bahwa budidaya ikan gurami memang sudah lama dilakukan oleh warga setempat. Bahkan, para peternak di daerah tersebut sudah tergerak mengembangkan budidaya ikan gurami dengan mengadakan pelatihan yang diselenggarakan pada tahun 1952.

Imam Nawawi, Penggagas Wisata Gurami Seduri

Imam Nawawi, salah seorang peternak di Dusun Seduri mengaku, ilmu beternak ikan air tawar ini didapatkannya dari orang tua dan nenek moyangnya. Tidak heran, kalau bekal inilah yang digunakan Imam untuk lebih memaksimalkan potensi ikan gurami dengan mendirikan Wisata Gurami Seduri pada awal September 2017..

Untuk menemukan tempat ini sendiri, memang bisa dikatakan susah-susah gampang karena lokasinya yang berada cukup jauh dari pusat kota Blitar. Namun jangan khawatir, Google Maps mampu mendeteksinya kok, meski harus melewati jalanan yang membuat saya sempat ragu.

Namun keragu-raguan saya hilang seketika, ketika menemukan patung ikan gurami raksasa yang ternyata menjadi pintu masuk Wisata Gurami Seduri. Tanpa ragu, saya pun langsung masuk saja ke dalam “mulut ikan” yang menganga. Wah, rasanya saya jadi seperti Nabi Yunus nih yang masuk ke perut ikan, hehehe.

Mulut Ikan Gurami Raksasa menjadi Pintu Masuk Wisata Gurami Seduri

Sudah jelas berkunjung ke tempat wisata gurami, tentu saja menu yang disajikan di sini didominasi oleh ikan gurami donk, bukan jenis ikan yang lain.  Selebihnya hanyalah menu tambahan dan aneka minuman. Menu olahan gurami yang disediakan oleh Wisata Gurami Seduri cukup beragam, antara lain gurami bakar, gurami asam manis, nugget gurami, siomay gurami, bothok gurami dan garang asem gurami. Mana yang paling lezat? Hmmmm… Kalau menurut saya sih, semuanya enak dan patut dicoba, hehehe.

Saya Menikmati Aneka Olahan Gurami di Wisata Gurami Seduri

Oya, yang membuat istimewa jika menyantap ikan gurami di tempat ini adalah kita bisa memilih bahkan menangkap sendiri ikan yang akan dikonsumsi. Jadi jelas, ikan diolah dalam kondisi masih segar. Belum lagi, pengunjung tidak hanya bisa menikmati hidangan dengan duduk manis di meja dan kursi makan tetapi juga makan ala lesehan dan duduk di taman sambil menikmati pemandangan berupa kolam ikan. Asyik kan?

Selain dari segi kuliner, Imam memberikan fasilitas wisata edukasi gurami bagi para pengunjung, di antaranya puluhan kolah ikan dan akuarium, serta puluhan kolam yang menjadi sarana pembelajaran seputar ikan gurami. Beberapa akuarium juga diletakkan di tempat terbuka untuk mempermudah pengelola dalam memberikan edukasi gurami bagi pengunjung, terutama anak-anak. Akuarium-akuarium tersebut mulai dari pembibitan, pengembangbiakan dan pembesaran gurami hingga layak dikonsumsi.

Wisata edukasi gurami ini, dijelaskan lulusan Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung ini, memang menyasar kepada anak-anak sekolah, para pensiunan dan buruh migran. Diharapkan, mereka inilah yang nantinya juga akan berwirausaha, terutama dalam bidang budidaya ikan gurami.

Kalau ada tempat wisata yang lengkap di mana kita bisa refreshing, belajar hingga makan enak seperti di Wisata Gurami Seduri, Anda yakin nggak mau ke sini???

 

Kediri, 23 Oktober 2018

Luana Yunaneva

Tulisan di atas pertama kali dipublikasikan di blog ini

  • Yeay… Headline! ???thank’s God http://m.kompasiana.com/luanayunaneva/analogi-belajar-bahasa-inggris-dan-pacaran_578455bc8523bd780e3ca20c View on Path

  • Lewat Lagu Ini, 44 Musisi Perancis ini Perangi AIDS

      Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sejak penyakit AIDS ditemukan hingga akhir tahun 2014, virus ini telah menyebabkan 34 juta […]

  • Asyiknya Liburan Murah dan Bermanfaat di Monumen Simpang Lima Gumul

    Nggak terasa besok udah akhir pekan lagi ya? Ngomong-ngomong soal weekend, sebagian orang mungkin udah mulai memikirkan, mau liburan ke […]

  • Persembahan pujian dari Brian Jikustik di Indonesia Baptist Youth Conference (IBYC) 2016 – at Villa Taman Eden , Kaliurang View […]

37 thoughts on “Wisata Gurami Seduri, Surganya Pecinta Ikan Gurami

    1. Owner nya sih pernah cerita sana aku kalo keponakan nya ada yang terpilih sama google buat ke Amerika gara-gara promosiin lokasi2 gitu. Berarti ya local guides itu tadi ya, mbak Nurul?

  1. walaupun gak doyan ikan gurami, tapi apresiasi yang luar biasa untuk orang seperti pak imam nawawi, tak hanya membudidayakan ikan gurami saja tapi juga menciptakan tempat wisata edukasi khusus untuk ikan gurami, tfs mbak

  2. Saya taunya Gurame, dan ini menjadi salah satu makanan terenak di beberapa tempat seafood yg Saya datangi. Yg harganya cukup lumayan, kalo di tempat budidayanya pasti lebih variatif olahannya

    1. iya, mbak Siti, memanag di beberapa tempat menyebut makanan ini dengan gurame. Gurami ini kalo dari segi bahasa Indonesia yang baik dan benar, hehehe

      bener, mbak, emang lumayan sih harga kuliner gurami. tapi kalo di sini masih terjangkau, selain karena hasil ternak sendiri, kita bisa pilih ikan yang mau dimakan. jadi pasti masih segar. nyam nyam nyam

    1. wah, sesama pecinta gurami? salaman dulu kita, mbak 😀
      kalo pecinta gurami, emang kudu cobain semua menunya malah, mbak, hihihi

    1. nah, itulah enaknya ke sini, mbak
      anak-anak pasti suka dengan edukasinya
      kitanya juga suka karena olahannya masih segar

  3. Wah, boleh nih dicatat tempatnya kalau nanti jalan-jalan ke Blitar. Thank you udah sharing yaaa! Salam kenal juga, aku pertama kalinya nih main ke blog ini hehe 😀

    1. Siap, mbak, recommended kok wisata edukasi n kulinernya. Ga bakal nyesel
      Kayaknya aku sudah beberapa kali main ke blog mbak, hehehe…
      Salam kenal, mbak Marga

    1. bener, mbak. ikan gurami di sini udah di-fillet dulu, jadi ga bakalan terlalu susah makannya.
      tapi kalo yang telaten cemal-cemil bagian daging yang masih menempel di durinya juga masih bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*