Federal Oil Motor Matic Jaga Pelumas dan Dompet Tetap Dingin

line-up-produk-matic-2016-alt-1-rev-c-ok

Berbicara seputar dunia otomotif, kebanyakan wanita kurang ngeh dengan bidang tersebut. Antusiasme mereka tak seheboh ketika membahas dunia hiburan, kuliner dan tren mode terbaru. Namun perkembangan zaman dan tuntutan hidup di dunia yang bergerak dengan sangat cepat membuat kaum hawa mau tidak mau mulai belajar bidang otomotif. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya jumlah wanita yang berkendara di jalan raya menggunakan sepeda motor. Minimal bisa untuk memudahkan berbelanja ke pasar dan toko kelontong serta mengantar anak bersekolah, begitu kurang lebih alasan mereka “terpaksa” belajar mengendarai kendaraan bermotor roda dua itu.

Dari fenomena di atas, kita bisa melihat bahwa tujuan sebagian besar wanita di bidang otomotif adalah untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaannya dalam kehidupan berumah tangga. Tidak heran jika mereka tak mau ambil pusing dengan hal-hal yang ribet dan bersifat teknis dari motor tersebut. Asal bisa nge-gas, berangkat, sampai tujuan, kebutuhan terpenuhi dan kembali ke rumah dengan selamat.

Alhasil, tak mau ribet pun menjadi alasan bagi kaum hawa untuk menjadikan motor matic menjadi pilihan berkendara. Dalam kesehariannya, motor matic lebih mudah dioperasikan dibandigkan jenis motor lainnya, termasuk bebek. Cukup menarik gas dan sesekali menggunakan rem, wanita bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Berbeda dengan motor bebek dan motor cowok yang mengharuskan penggunanya memainkan kopling.

Saya pun memiliki pemikiran yang sama dalam penggunaan motor matic. Simpel, itu saja. Saya tak perlu pusing menggunakan kain penutup ketika menggunakan rok pendek maupun kebaya. Bagian body yang ramping sangat cocok untuk saya ketika harus berkendara dengan gaya feminim pada situasi tertentu.

Belum lagi kalau saya harus membawa banyak barang maupun bekal dari rumah ke kantor. Tempat penyimpanan barang yang cukup luas di bawah jok dan pengait untuk menggantungkan barang di bagian depan, sangat memudahkan saya dalam berkendara tanpa merasa risih sedikit pun.

Namun di balik kemudahan yang ditawarkan motor matic, tentu ada harga yang harus dibayar, yakni perawatannya. Dari segi bahan bakar, teknologi injeksi yang terdapat dalam motor matic menjadikannya lebih boros dibandingkan motor manual, apalagi ketika berada di jalanan menanjak. Sementara di jalanan yang berlubang dan bergelombang, motor jenis ini sangat mudah goyang karena sensitivitasnya pada tekstur jalanan. Untuk itu, perawatan rutin di bengkel terpercaya perlu dilakukan demi menjaga kenyamanan saat berkendara di jalan raya.

 

Memperhatikan Oli Motor, Seberapa Penting?

Oli atau pelumas menjadi bagian terpenting yang saya perhatikan dalam perawatan kendaraan di rumah, termasuk motor matic. Selain membuat gesekan antarkomponen mesin menjadi halus, oli motor berfungsi memindahkan panas  dari ruang pembakaran ke bagian mesin yang bersuhu lebih rendah atau dingin.

Pada saat pelumas bekerja sebagaimana mestinya, seluruh komponen mesin bisa ter-cover dengan baik. Tentu saja hal ini akan berdampak pada suhu mesin yang stabil dan menjadikan kinerjanya lebih optimal. Dengan oli yang relatif awet dingin dengan suhu yang stabil, bukankah itu artinya dingin juga di dompet alias irit? Penghematan yang dirasakan tak hanya dari sisi alokasi dana oli tetapi juga bahan bakar, asyik kan? Uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya maupun kencan bersama orang terkasih.

Kita kembali ke topik awal. Nah, karena saya bekerja di lapangan, tentu saja saya tak mau menyepelekan urusan pemilihan jenis oli yang dapat menentukan kenyamanan dalam berkendara. Untuk itu, saya memilih oli motor terbaik yang memenuhi standar yang telah ditetapkan pemerintah dan memiliki sertifikat resmi.

Pilihan oli motor matic pun saya jatuhkan pada Federal Oil di tengah berbagai merek pelumas yang tersebar di pasaran. Tak lain dan tak bukan adalah berkat label Spesialis Dingin yang diusungnya. 2X Revolusi dingin yang diusung Federal Oil ini memiliki kandungan Active Moli untuk melindungi gesekan antarlogam secara aktif sehingga suhu mesin tetap dingin. Sementara kandungan Viscoelastic Molecules-nya mampu meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin. Tak cukup sampai di situ, Federal Oil melengkapi semuanya itu dengan Double Act Cleaner yang dapat membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin. Dengan begitu, kinerja mesin motor matic tercinta menjadi lebih optimal.

Kalau biasanya motor matic cenderung mudah panas, hal ini dapat lebih dikontrol menggunakan Federal Oli Motor Matic Spesialis Dingin. Pasalnya, formula Heat Protection yang terkandung di dalamnya mampu mengontrol panas 2X lebih efektif berkat kemampuannya dalam melumasi bagian mesin terkecil sekalipun dengan sempurna dan membersihkannya dari kotoran yang dapat menghambat performa mesin. Selain panasnya mesin bisa terkontrol, tarikan motor matic kesayangan pun menjadi 2X lebih kencang dan 2X lebih bandel.

Federal Matic 2X Revolusi Dingin menyediakan sejumlah varian pelumas untuk beragam jenis motor matic. Penasaran ada apa saja variannya? Berikut rinciannya yang saya kutip dari website resmi Federal Oil:

  1. Federal Matic 30

Federal-Matic-30---800mlFederal Matic 30 SAE 10W-30 AI SL JASO MB ini berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis atau kopling kering.

Kandungan Produk:

Viscoelastic molecules,

meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin

Active Moly,

melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin

Double ACT Cleaner,

membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin, sehingga kinerja mesin lebih optimal.

SAE : 10W-30
API/JASO : API SL JASO MB
Physical-Chemical Properties Unit Result Method
Viscocity Kinematic @ 40 C cSt 66,78 ASTM D 7042-04
Viscocity Kinematic @ 100 C cSt 11,02 ASTM D 7042-04
Index Viscocity 157 ASTM D 7042-04
HTHS cP 3,41 ASTM D 4683
CCS @ 25 C cP 3762 ASTM D 5293
Flash Point C 235 ASTM D 92
Total Base Number ( TBN ) mg KOH/gr 6,78 ASTM D 2896
Produk ini direkomendasikan untuk jenis motor Honda Matic (125 cc hingga 150 cc) dengan usia motor kurang dari lima tahun, seperti:PCX 125 Series, Vario 125 Series, Vario 150 Series, Vario 110 Series, PCX 150, Scoopy Series, Spacy dan Beat
2. Federal Matic 40
Federal-Matic-40---800ml

Federal Matic 40 SAE 10W-40 AI SL JASO MB ini berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis atau kopling kering.

Kandungan Produk:

Viscoelastic molecules, bertujuan

meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin

Active Moly, bertujuan

melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin

Double ACT Cleaner, bertujuan

membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin, sehingga kinerja mesin lebih optimal.

SAE : 10W-40
API/JASO : API SL JASO MB

scsca

Physical-Chemical Properties Unit Result Method
Viscocity Kinematic @ 40 C cSt 91,63 ASTM D 7042-04
Viscocity Kinematic @ 100 C cSt 14,27 ASTM D 7042-04
Index Viscocity 161 ASTM D 7042-04
HTHS cP 4,31 ASTM D 4683
CCS @ 25 C cP 4847 ASTM D 5293
Flash Point C 235 ASTM D 92
Total Base Number ( TBN ) mg KOH/gr 6,61 ASTM D 2896
Produk ini direkomendasikan untuk jenis motor Yamaha Matic (115 cc hingga 125 cc) dengan usia motor kurang dari lima tahun, seperti: NMax Series, Mio Series, Fino, X Ride, Xeon, Nuovo, Grand Filano, dan T Max.

 

Produk ini juga direkomendasikan untuk jenis motor Suzuki Matic (110 cc hingga 200 cc) dengan usia motor kurang dari lima tahun, seperti: Nex, Skywave, Hayate, Address, Skydrive, Lets, Spin dan Burgman 200.
Produk ini juga cocok untuk jenis motor Piaggio Matic (100 cc hingga 350 cc), seperti: LX 150, PX 150, 946, Beverly, Liberty, MP3, Sprint dan Primavera.
Produk ini juga dapat digunakan pada jenis motor TVS Matic (110 cc), seperti: Neo dan Dazz.

3. Federal Y-Matic

Y-Matic-800ml

Federal Y-Matic 40 SAE 20W-40 API SL JASO MB ini menggunakan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis atau kopling kering.

Kandungan Produk:

Viscoelastic molecules, bertujuan

meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin

Active Moly, bertujuan

melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin

Heat Protection Technology, bertujuan

melindungi gesekan antar komponen mesin berbahan dasar logam secara aktif sehingga tetap dingin dan menghasilkan suara lebih halus.

 

SAE : 20W-40
API/JASO : API SJ JASO MB
Physical-Chemical Properties Unit Result Method
Viscocity Kinematic @ 40 C cSt 112,03 ASTM D 7042-04
Viscocity Kinematic @ 100 C cSt 14,87 ASTM D 7042-04
Index Viscocity 135 ASTM D 7042-04
HTHS cP 4,22 ASTM D 4683
CCS @ 25 C cP 5531 ASTM D 5293
Flash Point C 236 ASTM D 92
Total Base Number   (TBN) mg KOH/gr 6,72 ASTM D 2896
Produk ini direkomendasikan untuk jenis motor Yamaha Matic dengan usia motor lebih dari lima tahun, seperti: NMax Series, Mio Series, Fino, X Ride, Xeon dan Nuovo.
Produk ini juga direkomendasikan untuk jenis motor Suzuki Matic dengan usia lebih dari lima tahun, seperti: Nex, Skywave, Hayate, Lets, Skydrive dan Spin.

4. Federal UltraTec Matic

Ultratec-Matic---800ml

 

 

 

Federal UltraTec Matic SAE 10W-30 API SJ JASO MB ini menggunakan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis atau kopling kering.

Kandungan Produk:

Heat Protection Technology, bertujuan

melindungi gesekan antar komponen mesin berbahan dasar logam secara aktif sehingga tetap dingin dan menghasilkan suara lebih halus.

 

 

 

SAE : 10W-30
API/JASO : API SJ JASO MB
Physical-Chemical Properties Unit Result Method
Viscocity Kinematic @ 40 C cSt 79,64 ASTM D 7042-04
Viscocity Kinematic @ 100 C cSt 11,96 ASTM D 7042-04
Index Viscocity 145 ASTM D 7042-04
HTHS cP 3,70 ASTM D 4683
CCS @ 25 C cP 6580 ASTM D 5293
Flash Point C 228 ASTM D 92
Total Base Number ( TBN ) mg KOH/gr 5,70 ASTM D 2896
Produk ini direkomendasikan untuk jenis motor Honda Matic (125 cc hingga 150 cc) dengan usia motor lebih dari lima tahun, seperti: PCX 125 Series, Vario 125 Series, Vario 150 Series, Vario 110 Series, PCX 150, Scoopy Series, Spacy dan Beat.

Nah, pemilihan jenis oli di atas tentu harus disesuaikan dengan jenis kendaraan masing-masing ya. Setelah menentukan jenis pelumas, pastikan penggantian oli secara rutin setiap 2.000 kilometer atau kurang lebih dalam dua bulan. Kalau tidak rutin diganti, performa oli dapat menurun, selain karena faktor kondisi jalan atau geografis, debu, macet, bahan bakar dan pola berkendara.

 

Mengenal Federal Oil Supaya Semakin Sayang

Ibarat kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, kita kenalan dulu yuk dengan Federal Oil biar makin sayang, hehehe…

Federal Oil merupakan minyak pelumas yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur, PT. Federal Karyatama dan dipasarkan pertama kali pada pertengahan kuartal tahun 1989. Sistem hologram yang dipasang pada kemasan sejak tahun 1992 mampu mencegah tindakan pemalsuan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Inovasi dari segi pencegahan tindak pemalsuan produk kembali dilakukan PT. Federal Karyatama dengan menggunakan aluminium foil berhologram di bagian leher botol kemasan plastiknya. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaian tutup multicolor yang lebih maju sehingga kemasan Federal Oil hanya bisa digunakan sekali pakai.

Sementara dari segi pemasaran, produk Federal Oil sangat mudah ditemui di pasaran, termasuk untuk produk Federal Matic.9f-56039716c222bddc21b2fd52

Selain variannya lengkap dan memenuhi kebutuhan konsumen, Federal Oil juga kerap membuat aneka jenis promo dan CSR untuk menjaga loyalitas penggunanya. Beberapa event yang digelar antara lain pembukaan posko mudik di beberapa jalur yang dapat digunakan oleh para pemudik untuk beristirahat, servis dan ganti oli gratis, refleksi dan sebagainya; Feders Spesial Bukber 2017 yang merupakan ajang berbagi takjil dan merchandise Federal Oil bagi para pengendara bermotor dan masyarakat saat bulan Ramadan lalu; Federal Oil Spesial Miliarder yang merupakan ajang apresiasi Federal Oil kepada para pelanggan setianya; serta memberikan segala bentuk edukasi kepada masyarakat seputar dunia otomotif.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 08.22.04

Aku pilih Federal Oil Motor, tepatnya Federal Y-Matic sebagai #OliSpesialMotorku. Kalo kamu, kapan?

 

Kediri, 16 Agustus 2017

Luana Yunaneva

 

 

 

2 thoughts on “Federal Oil Motor Matic Jaga Pelumas dan Dompet Tetap Dingin

  1. Generally I don’t read post on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to try and do it! Your writing taste has been surprised me. Thank you, quite great article.

  2. I’m impressed, I must say. Really hardly ever do I encounter a blog that’s each educative and entertaining, and let me inform you, you’ve got hit the nail on the head. Your thought is excellent; the problem is one thing that not enough persons are talking intelligently about. I’m very blissful that I stumbled across this in my seek for one thing referring to this.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*